Kamis, 12 Januari 2012

Wanita Berleher Panjang?



Mungkin bagi para wanita, terlihat janggal melihat gambar tersebut. Meski menurut kita terlihat aneh, lain halnya bagi penduduk suku Padaung, di Thailand ini. Tradisi ini sudah biasa dilakukan oleh mereka. Leher para wanita di suku tersebut direntangkan oleh gelang logam berwarna emas yang berat dari masing-masing logam tersebut bisa mencapai 5 kg! (wooow :O). Gelang logam ini akan menekan bahu ke bawah, dan memaksa kepalanya naik ke atas (dapat membayangkan betapa berat dan sakitnya, bukan? ). 

Suku Padaung ini menganggap, wanita yang lehernya panjang merupakan suatu keindahan tersendiri bagi mereka. Jadi kesimpulannya, makin panjang leher para wanita di suku tersebut, akan terlihat makin cantik. Semakin bertambahnya umur, gelang-gelang yang ada di leher merekapun semakin banyak, dan membuat leher wanita di sana semakin panjang.

"apa tujuan mereka melakukan tradisi ini?"

Jawabannya adalah "wang", semakin banyak gelang yang disangkutkan di leher mereka, semakin banyak pula "wang" yang akan mereka (para wanita) peroleh. Wang adalah sejenis mahar yang akan diberikan para pria pada saat meminang wanita.

Dan, apabila gelang logam pada leher tersebut di lepas secara tiba-tiba, hal tersebut malah akan membahayakan. Karena setelah sekian lama tulang pada leher tersebut di tekan oleh gelang, ketika tiba-tiba gelang itu di lepaskan, tidak ada lagi sesuatu untuk menopang leher tersebut. Hal ini akan berakibat fatal apabila dilakukan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar