Selasa, 24 Januari 2012

Danau Iran yang menjadi Lautan Garam!



Inilah suasana sunset di danau Oroumieh-Iran. Danau ini merupakan danau air asin terbesar di Timur Tengah, dan yang terbesar ke-3 di dunia. Danau yang mencapai luas 5.200 km persegi dan kedalaman 16 meter ini, sering menjadi tempat bermigrasinya burung-burung Flamingo, Pelikan, dan Camar Laut. Selain itu, karena keindahannya, Danau ini sering dijadikan ajang pariwisata, bahkan, tidak sedikit kapal-kapal yang sengaja di sewakan untuk berkeliling danau tersebut.

Danau Terbesar di Iran Menjadi Lautan Garam2 300x225 Info Unik Aneh Tentang Foto Foto Danau Yang Menjadi Lautan Garam

Namun kini, keindahan tersebut hanyalah kenangan belaka. Semenjak tanggal 25 Mei 2011, Danau ini telah mengering, menurut presentase, air pada danau tersebut telah menyusut sebanyak 60%.  Kekeringan ini disebabkan antara lain : akibat musim kemarau yang panjang dan berlangsung lama, irigasi yang berlebihan, serta pembangunan bendungan di sekitar danau. Kini, air yang berada di danau tersebut hanya berkisar 2 meter, perahu kecilpun tidak bisa berjalan di atasnya.


Terdapat banyak ahli yang memberikan solusi mengenai kekeringan ini :
1) Mohammad Javad Mohammadizadeh (wakil presiden Iran) : pemerintah telah menetapkan 3 tahap pengendalian cuaca untuk mencegah kekeringan total.

2) Ismail Karham (Profesor di Universitas Tehran azad) : satu-satunya cara untuk mengisi air danau ini adalah melepaskan sebagian air sungai yang telah terbendung. "karena kekeringan ini di sebabkan oleh bendungan, pemerintah wajib melepaskan bendungan tersebut sebanyak 20%dari air bendungan"


3) Mostafa Ghanbari (kelompok penyelamat danau Oroumieh) : satu-satunya jalan untuk menyelamatkan danau adalah memasukkan air dari laut Kaspia. hal ini dapat di lakukan dengan memompa air dari jarak 700 km jauhnya


sedangkan menurut Eskandar Khanjari (wartawan lokal) : mengatakan, pendapat para ahli itu baru sekedar "di rencanakan", mengenai di laksanakan atau tidaknya belum dapat di ketahui, sekarang penduduk hanya punya satu jalan, yaitu 'berdo'a meminta hujan', agar air hujan tersebut dapat memenuhi kembali danau Oroumieh ini.

FOTO-FOTO SEBELUM & SESUDAH DANAU OROUMIEH KERING

Sebelum mengalami kekeringan

Danau Terbesar di Iran Menjadi Lautan Garam5 300x225 Info Unik Aneh Tentang Foto Foto Danau Yang Menjadi Lautan Garam
sesudah mengalami kekeringan
masih terdapat banyak tumbuhan
Danau Terbesar di Iran Menjadi Lautan Garam3 300x225 Info Unik Aneh Tentang Foto Foto Danau Yang Menjadi Lautan Garam
sekarang, hanya tumpukan garam yang tersisaDanau Terbesar di Iran Menjadi Lautan Garam4 300x225 Info Unik Aneh Tentang Foto Foto Danau Yang Menjadi Lautan Garam

terlihat dengan jelas, betapa keringnya danau tersebut
Danau Oroumieh, Iran, kering.
Perahupun tidak bisa berjalan



Sumber : Viva news

Tidak ada komentar:

Posting Komentar